Langsung ke konten utama

Bandara Notohadinegoro Jember

Bandara Notohadinegoro di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Jember, Jawa Timur ini sempat terhenti sekitar 12 tahun dan akhirnya dapat diselesaikan. Perizinan cukup sulit dan lama. bandara ini rencananya dapat beroperasi akhir April 2014 tetapi molor hingga Juni karena perbaikan, perizinan, perpanjangan run away, pemasangan pagar sekeliling  bandara, dan ada masalah kandang ayam dekat bandara. ada orang yang pro dan ada yang kontra tentang pengoperasian bandara.






Perpanjangan runway ini untuk memenuhi standar dan perpanjangan runway ini sebenarnya sudah bisa untuk didarati pesawat boeing. ketika malam, jalan menuju bandara sangat gelap. penerangan hanya didapat dari lampu kendaraan saja.







Dengan usaha Bapak Isman Sutomo, bandara Notohadinegoro dapat diselesaikan. Mungkin tanpa usahanya, bandara Notohadinegoro ini tidak dapat terselesaikan.nanti setelah bandara selesai, jalan menuju bandara akan dilebarkan dan dibuat jalan baru dan diberlakukan jalur searah. bandara ini telah digunakan rutin untuk arena bermain dan latihan klub remote kontrol pesawat dan helikopter di sabtu sore, minggu pagi, dan atau minggu sore. beberapa waktu lalu bandara Notohadinegoro dibuat untuk latihan TNI dan simulasi penyelamatan bandara dari pembajak bandara, bandara pun sempat di coba untuk pendaratan pesawat.





disekitar bandara terdapat banyak kuburan, dari masa perjuangan hingga saat ini. di tikungan terakhir menuju bandara, sekitar 10 meter dari situ terdapat kuburan yang berisi 12 orang yang tak memiliki tanda dan tidak diketahui banyak orang. orang yang terkubur dalam kuburan itu pun tidak diketahui siapa namanya, yang pasti mereka adalah pejuang pada saat jaman penjajahan dahulu. tak jauh dari situ pun terdapat kuburan serupa yang berisi 7 orang.

bagi orang yang memiliki kelebihan, mereka akan mengetahui banyak makhluk penunggu daerah bandara. saya tau dari kakak saya, penjaga bandara dan pengalaman pribadi. pada malam tertentu, akan ada makhluk halus berupa prajurit jaman kerajaan yang melintasi runway. jika maghrib, pengerjaan bandara harus dihentikan sejenak, jika kita tidak berhenti, hantu penjaga daerah tersebut akan menampakkan diri pada kita. boleh dicoba jika tidak percaya. didaerah sana juga banyak barang peninggalan seperti jimat. saya tidak akan menjelaskannya secara detail.

jalan depan bandara jika sore hari terkadang dibuat arena balapan liar. balapan liar di dekat bandara telah menewaskan beberapa orang pembalap sendiri yang ketika itu mengalami kecelakaan parah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nenek Gaul

Seorang nenek gaul yang sakit sedang berobat ke dokter.. Dokter : " Apa Keluhannya nek? " Nenek : " Mau tau aja atau mau tau banget? " Dokter : " Yaah dua - duanya lah nek.. " Nenek : " Kasih tau enggak yaa?? " Dokter : " Jangan bercanda dulu napa? " Nenek : " Emang napa? Masalah buat loe? " Dokter : " Saya harus melayani pasien dengan baik. Begitulah Sumpah Dokter. " Nenek : " terus kalo dokter udah melayani, gue harus bilang WOW gitu? " Dokter : " Ini demi kesehatan. " Nenek : " .... !!! " ( Mulai kesel )              " Ciyuz? Miapah? " Dokter : " Nek !! Loe, Gue .. END.. !! "

Spacy Modif Part 2

Honda spacy saya ini adalah honda spacy yang baru diproduksi awal yang masih menggunakan karburator. kali ini Honda Spacy saya modif lagi dengan: 1. mengganti eagle eye menjadi lampu proyektor pada lampu proyektor terdapat lampu eagle eye. lampu proyektor tidak akan pernah mati. Lampu proyektor menggunakan daya yang besar dari aki. saya menambahkan saklar agar aki tidak cepat habis dan lampu tidak selalu menyala 2. lampu belakang yang menggunakan lampu dop saya ganti menjadi lampu LED berwarna putih 3. Lampu kota yang menggunakan lampu dop saya ganti dengan menggunakan lampu LED berwarna biru. lampu kota standarnya mengikuti arus listrik dari mesin. ini membuat lampu kota cepat mati atau pedot. oleh karena itu, lampu kota saya pindahkan sumber arusnya dari aki. 4. Lampu sen yang menggunakan lampu dop berwarna oren saya ganti menggunakan lampu LED berwarna putih 5. Ban depan saya ganti menjadi ukuran 90/70 untuk velg ukuran 14 6. Shock depan saya ganti menggunakan shock upside